Mantap Plt Bupati Bener Meriah diharapkan memiliki beberapa Desa Devisa |

NanjombangNews – Plt Bupati Bener Meriah diharapkan memiliki beberapa Desa Devisa |

Metropostnews. com | Redelong – Pj Bupati Dr. Haili Yoga, M.Si ingin Kabupaten Bener Meriah memiliki banyak devisa desa. Hal tersebut disampaikan di hadapan Direktur Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan RI Reynald Silappan dan Direktur Kekayaan Negara Merizal Nur saat peresmian Desa Devisa di Desa Panji Mulia, Provinsi Phuket, Rabu (11-01- 2023)

“Kami tetap berharap Kementerian Keuangan khususnya melalui Kanwil DJKN Aceh, LPEI, dan Bank BSI terus mengembangkan berbagai program di Kabupaten Bener Meriah secara berkelanjutan, sehingga dapat menyentuh sektor lain sesuai dengan kebutuhannya. fungsi dan kewenangan Kami juga menaruh harapan besar agar desa devisa ini dapat membawa perubahan dalam upaya mencapai kesejahteraan masyarakat dan menjadi lokomotif kebangkitan UMKM di Kabupaten Bener Meriah.

Di sisi lain, Hayley Yoga menyebut lima desa devisa yang dimiliki Kabupaten Bener Meriah merupakan penghasil utama kopi Gayo, karena produk kopi mereka telah menembus pasar ekspor internasional. Secara rinci, lima desa devisa yang dimiliki Kabupaten Bener Meriah saat ini adalah Desa Panji Mulia I, Waq Pondok Sayur, Kute Lintang, Bale Redelong dan Desa Sidie Jadi. “Program desa devisa ini dapat berhasil berkat pembinaan langsung dari DJKN Aceh, dengan segala faktor pendukung yang diperoleh dari APBN termasuk infrastruktur. Kami mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Keuangan melalui Dirjen Kekayaan Negara, dan jajarannya. Lembaga Pembiayaan Ekspor Negara (LPEI) dan Kantor Wilayah Aceh (DJKN), serta Bank BSI RO Aceh yang merupakan mitra Kabupaten Bener Meriah dalam memberdayakan UMKM.” Bupati d. Hayley Yoga, MA

Sementara itu, Ryonald Silapan dalam kapasitasnya sebagai Direktur Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan RI mengawali sambutannya dengan mengatakan: Tanah Gayo terkenal dengan kopi arabikanya yang tidak ada pesaingnya, mari kita sukseskan di mancanegara. Program pertukaran desa dari Bener Meriah ke kopi Gayo yang sudah mendunia.

Dikatakannya lagi, sesuai perbincangannya dengan kepala kantor wilayah DJKN Aceh, bahwa Bener Meriah jangan hanya dijadikan desa devisa, tapi Kabupaten Bener Meriah harus diubah menjadi daerah devisa. “Dalam perbincangan saya dengan Bu Ciukria, Bu Ciukria pernah bercerita bahwa Benner Maria jangan hanya menjadi desa devisa, Kabupaten Benir Merya harus menjadi wali devisa, tapi sesuai dengan kemungkinan yang mendukung kita untuk menciptakan devisa. zona pertukaran,” jelas Rinald Silappan.
Sekali lagi, kata dia, Kemenkeu menaruh perhatian besar untuk mendorong seluruh lembaga di Special Mission Vehicle (SMV) Kemenkeu untuk berkontribusi lebih lanjut dalam menumbuhkan UMKM di seluruh Indonesia melalui berbagai program salah satunya Desa Devisa. Program . “Melalui program desa devisa ini, masyarakat dengan program unggulan akan dibimbing untuk meningkatkan jangkauannya guna mencapai budaya sosial ekonomi yang lebih baik dibandingkan dengan kondisi sebelum adanya bantuan desa devisa,” ujar General Manager Kekayaan Negara (DJKN). Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Ia berharap program desa devisa dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat lokal dengan basis pengembangan produk unggulan, serta mendukung perekonomian rakyat melalui ekspor nasional. “Mengenai penggunaan devisa, yang harus kita pahami adalah ini tidak hanya untuk penggunaan devisa saja, jika kita bisa mencapai banyak devisa, maka secara nasional devisa negara akan meningkat, dan ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia, jadi saya ingin memaknai ini bukan sekedar memperkuat apa yang ada di sekitar kita, tapi mampu memberikan kontribusi bagi penguatan ekonomi nasional.”

Ia menambahkan Kanwil DJKN Aceh berinisiatif merekomendasikan Kelompok Devisa Kopi Gayo di Kabupaten Bener Meriah yang saat ini dimulai dari petani di lima desa yang tergabung dalam Koperasi Panca Gayo untuk menjadi mitra dalam Program Desa Devisa LPEI dan Kementerian Keuangan 1 Aceh. “Kami menyadari bahwa upaya membentuk desa devisa tidak terlepas dari kerja keras dan sinergi bapak ibu yang hadir hari ini, maka kami mewakili pemerintah pusat menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas sinergi dan capaian yang sangat baik ini. bahwa pembukaan Kampung Devisa Gayo di Kabupaten Bener Meriah ini dapat menjadi bahan bakar semangat yang lebih bagi bapak ibu untuk menciptakan sinergi guna meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan para pelaku usaha budidaya kopi, sehingga mampu memberikan kontribusi bagi peningkatan ekspor dan pendapatan devisa yang berkesinambungan, selamat dibukanya bursa kopi gayo di desa Kabupaten Benir Meria, dan semoga tujuan tercapai Yang mulia mendirikan desa devisa dan Desa devisa Gayo menjadi contoh yang baik dan akan menimbulkan desa devisa lainnya,” pungkas Dirjen Kementerian Keuangan Cakayan Negara (DJKN) RI tersebut. (Juni)

Check Also

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

Amazing Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023

NanjombangNews – Bandara Arab Saudi menerima jemaah, mulai 21 Mei 2023 IHRAM.CO.ID, RIYADH – Otoritas …