Amazing Pengusaha dan serikat pekerja menunggu peraturan rinci untuk penciptaan lapangan kerja

NanjombangNews – Pengusaha dan serikat pekerja menunggu peraturan rinci untuk penciptaan lapangan kerja

Pemerintah mengeluarkan peraturan pengganti UU O Birbo Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja hari ini Jumat (30/12). Secara yuridis, peraturan bersyarat tersebut menjadikannya inkonstitusional sebagaimana diatur oleh Mahkamah Konstitusi dalam UU No. Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penciptaan Lapangan Kerja batal demi hukum.

Menanggapi hal tersebut, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia KSPI Said Iqbal mengatakan, pihaknya telah menyetujui Perppu Terbitan Nomor 2 Tahun 2022. Namun, pihaknya belum mempertimbangkan secara detail isi Perppu tersebut, khususnya terkait pool tenaga kerja.

“KSPI setuju dengan Perppu, tapi kami belum melihat isi Perppu khususnya Kelompok Ketenagakerjaan Menanggapi terbitnya Perppu UU Cipta Kerja Via Virtual, Jumat (30/12), Menanggapi terbitnya Perppu UU Cipta Kerja oleh Kelompok Ketenagakerjaan, Menanggapi konferensi pers Partai Buruh.

Saeed mengatakan, sebelumnya Partai Buruh dan KSPI, serta beberapa serikat pekerja telah mengusulkan perubahan atau penyempurnaan Perppu, khususnya Blok Ketenagakerjaan. Usulan kajian itu sudah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi agar bisa ditindaklanjuti.

“Sebenarnya baru kami usulkan, karena ada 11 kelompok lain. Itu usulan revisi atau perbaikan, bukan pengurangan. Berkas ketenagakerjaan Birbo sudah diserahkan oleh Presiden Republik.”

Diskusikan dengan Kadin

Ia kemudian mengungkapkan pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau Kadin. Kadin dan KSPI membahas isi revisi atau penyempurnaan terkait paket ketenagakerjaan UU Cipta Kerja.

“Banyak hal yang menyampaikan pengertian, hasil kesepakatan dengan tim Kadin dan KSPI itu juga kita sampaikan ke presiden, isinya satu upah minimum, kita sepakat upah minimum kembali ke UU No 13 Tahun 2003. Peraturan Pemerintah No. 78 ditambahkan untuk tahun 2015. Jadi kenaikan upah minimum adalah inflasi plus pertumbuhan ekonomi.”

Saeed mengatakan, pihaknya hanya berkoordinasi dengan Kaden, karena serikat pekerja tidak lagi mempercayai Konfederasi Pengusaha Indonesia atau Abendo. Serikat buruh kecewa dengan sikap Apindo terkait gugatan upah minimum 2023 ke Mahkamah Agung.

“Kami tidak percaya Apindo karena masalah upah minimum, mereka tidak mau mengerti kesulitan pekerjaan, yang kami inginkan adalah solusi ideal antara kepentingan pekerja dan kepentingan mereka.

Partai Buruh dan KSPI tentu berharap Perppu juga bisa memasukkan isu petani terkait reforma agraria. Selain itu, katanya, isu HAM harus disosialisasikan di Birbo.

“Perppunya belum kita lihat, jadi kita belum tahu bagaimana menyikapinya, tapi soal kemudahan investasi dan pengurangan daftar negatif investasi, kita setuju, dan percepatan izin, kita setuju. masalah seputar kelompok operasi, dan ini tentang petani, lingkungan, dan hak asasi manusia.”

Pengusaha membutuhkan aturan terperinci

Sementara itu, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia atau Apindo, Hariyadi Sukamdani, mengatakan belum bisa berkomentar soal keluarnya Perppu tersebut. Alasannya, dia tidak mengetahui aturan secara detail.

“Saya belum menerima salinan Perppu Cipta Kerja, jadi belum pantas saya tanggapi sekarang,” kata Haryadi. Katadata.co.id.

kata Menko Perekonomian Airlangga HartartoDan Perpu No. 2-2022 diperlukan, agar kondisi tersebut tidak mempengaruhi perilaku dunia usaha lokal. Sebab, regulasi dianggap memberikan kepastian hukum kepada investor.

Airlangga melaporkan target investasi pada 2023 naik Rp 200 triliun dari target tahun ini Rp 1.400 triliun. Selain itu, target defisit anggaran tahun depan kurang dari 3% atau hanya 2,8%.

Karena itu, Airlangga memperkirakan pertumbuhan ekonomi nasional pada 2023 akan sangat bergantung pada investasi. Namun, saat ini investor lokal dan asing masih menunggu dan melihat untuk menginvestasikan uangnya di dalam negeri mengingat UU Cipta Kerja belum berlaku.

Check Also

Wow Aris Paywai asli Sulawesi Selatan Jadi Plt Wali Kota Batu, Komitmen Pengembangan Pariwisata di Jawa Timur

Wow Aris Paywai asli Sulawesi Selatan Jadi Plt Wali Kota Batu, Komitmen Pengembangan Pariwisata di Jawa Timur

NanjombangNews – Aris Paywai asli Sulawesi Selatan Jadi Plt Wali Kota Batu, Komitmen Pengembangan Pariwisata …