klarifikasi. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Manajemen waktu adalah kemampuan merencanakan, mengatur dan mengatur waktu dengan baik. Jika Anda mampu melakukannya, maka Anda pasti tidak akan stres karena setiap tugas dapat diselesaikan sebelum deadline.

Berikut enam tips manajemen waktu yang bisa Anda lakukan, agar tidak stres lagi:

  1. Pilih skala prioritas
    Menetapkan skala prioritas penting bagi mereka yang memiliki pekerjaan menumpuk, namun bingung harus mengerjakan yang mana. Sebaiknya lakukan pekerjaan penting yang memiliki tenggat waktu yang akan datang sebelumnya untuk menghindari keharusan bekerja sepanjang malam.
  2. Jangan menunda-nunda
    Penundaan pekerjaan seringkali menjadi salah satu alasan kenapa kamu selalu dihantui deadline. Beberapa faktor yang menyebabkan Anda menunda-nunda adalah meremehkan, tenggat waktu yang panjang, dan rasa malas. Jika Anda mendapatkan pekerjaan, ada baiknya Anda segera berhenti dari pekerjaan tersebut agar Anda bisa beristirahat dengan tenang.
  3. Menjauh dari alat
    Alatnya mudah digunakan. Playset bisa bertahan berjam-jam, sehingga bisa membuat Anda melupakan pekerjaan Anda. Agar kamu bisa lebih fokus mengerjakan sesuatu, jauhi gadget sejenak. Jangan lupa matikan notifikasi, kecuali darurat.
  4. Buat daftar tugas
    Buatlah to-do list agar aktivitas Anda teratur dan tidak kacau. Membuat to-do list akan memudahkan Anda mengatur waktu dan mengingat apa yang perlu Anda lakukan. Jika Anda malas membuat catatan di buku, Anda bisa mengunduh aplikasi to-do list di smartphone atau laptop Anda.
  5. Kenali waktu produk
    Setiap orang memiliki waktu produktif yang berbeda-beda, ada yang produktif di pagi, siang atau sore hari. Setelah Anda mengidentifikasi waktu produktif Anda, Anda dapat mengatur jadwal dan bekerja sesuai dengan waktu tersebut.
  6. Istirahat
    Meluangkan waktu untuk istirahat sangat penting agar Anda tidak merasa lelah dan stres akibat pekerjaan. Jika Anda merasa lelah, istirahatlah yang cukup. Setelah itu, tubuh Anda akan terasa segar dan Anda akan lebih bersemangat menjalani hari.

Tips-tips di atas bisa Anda lakukan agar pekerjaan Anda berjalan lancar, sehingga Anda terhindar dari beban pikiran yang membuat stres. (komp/balepost)