Mantap 511 peserta UMK mengumumkan UMK Academy 2022 ke kelas

NanjombangNews – 511 peserta UMK mengumumkan UMK Academy 2022 ke kelas

(Beritaarea-Nasional) Sebanyak 722 peserta Akademi UMK 2022 mengikuti beragam rangkaian kegiatan pembekalan sejak Agustus 2022 lalu, hingga 511 UMK lulus dengan sukses dan diumumkan sebagai promosi pada acara Wisuda yang digelar secara daring, Jumat (23/12). ) ).

Peserta yang dinyatakan lulus terdiri dari empat kelas yaitu Go Modern dan Go Digital masing-masing 141 UMK, Go Online 125 UMK dan Go Global 104 UMK. Peserta setidaknya memenuhi dua kriteria yang dijadikan tolok ukur antara lain omzet karyawan meningkat, jumlah karyawan meningkat, kapasitas produksi, pemasaran produk ke luar negeri, dan melibatkan masyarakat lokal dalam produksi produk.

Direktur Utama PTH PT Pertamina (Persero), Erry Widiastono dalam sambutannya pada hari wisuda Akademi UMK 2022 mengucapkan selamat kepada para peserta Akademi UMK 2022 yang telah lulus, dan juga mengucapkan terima kasih kepada para pembimbing yang telah intensif memberikan bimbingan dan bantuan kepada Pembina UMK selama lima bulan terakhir.

“Melalui Akademi UMK diharapkan dapat menjadi wadah pembelajaran bagi UMK secara komprehensif sehingga dapat langsung diimplementasikan dalam bisnis yang dijalankan, selain dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan wirausaha secara optimal. UMK agar siap memasuki pasar ekspor yang semakin terbuka lebar.”

Dalam sambutannya, Fajria Osman, Vice President CSR & SMEPP Pertamina menyampaikan bahwa UMK Academy merupakan program pelatihan UMK yang dilaksanakan secara terorganisir, bertahap dan terintegrasi sesuai kebutuhan dan harapan Mitra Binaan, selain menyesuaikan terhadap tren dan tantangan pasar sesuai dengan komitmen perusahaan untuk mendukung pengembangan UMK yang berkelanjutan guna membantu Optimal dalam pengembangan usaha kecil dan menengah.

“Kami berharap semua perusahaan kecil dan menengah menjadi lulusan terbaik di bidang peminatannya, terus kreatif dan inovatif serta harus mampu memadukan antara kebutuhan supply dan demand, dan bagaimana kita melihat potensi dari market, kita harus bisa menjadi trend maker,” kata Fajri.

Salah satu UMK yang mengumumkan lulusan Pertamina UMK Academy 2022 adalah Sahono pemilik usaha JeggBoy & Girl. UMK dari kota Salatiga, Jawa Tengah, merupakan layanan ojek lokal yang melayani kebutuhan konsumen mulai dari berbelanja di pasar tradisional, supermarket dan fast food hingga layanan pesan antar barang. JeggBoy & Girl saat ini memiliki 250 pengemudi dimana 40% adalah wanita.

“Berkat Pertamina, kami berharap tahun depan pelatihan tidak hanya online, tapi juga bisa offline, sehingga bisa bertatap muka langsung dengan pelaku bisnis lainnya, dan juga bisa berkolaborasi sehingga kita bisa tumbuh bersama, ”katanya.

Hal senada juga diungkapkan Arnie, pemilik Kandora Coffe yang memproduksi kopi Torabika dan Arabica yang telah disangrai dan berhasil lolos kategori UMK Go Global. Mempekerjakan delapan ibu rumah tangga lokal dan mendapatkan bahan baku kopi dari petani lokal telah menjadi komitmen Kandora Coffe sejak awal untuk mengembangkan sumber daya lokal.

“Berkat bimbingan Pertamina, bisnis kami bisa berkembang lebih jauh, dan dengan pelatihan yang diberikan, kami banyak melakukan perubahan, mulai dari pengemasan hingga cara berjualan online hingga memperluas area pemasaran,” ujarnya.

Fajria menambahkan, pelaku UMK harus menyeimbangkan inovasi dengan inisiatif untuk mendorong kepedulian terhadap lingkungan. Ia menyimpulkan, “Salah satu wujud nyata yang dapat dilakukan oleh perusahaan kecil dan mikro untuk bertindak ramah lingkungan adalah dengan memperhatikan kemasan produk yang digunakan, serta dampaknya terhadap lingkungan.”

Dengan program PUMK dan semangat energizing your future, Pertamina selalu ingin memberikan energi yang dapat menggerakkan perekonomian. Energi yang menjadi bahan bakar, serta energi yang menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan. Selain berusaha untuk terus mendorong setiap mitra yang disponsori untuk menjadi usaha mikro kecil dan go global.

Check Also

Wow Aris Paywai asli Sulawesi Selatan Jadi Plt Wali Kota Batu, Komitmen Pengembangan Pariwisata di Jawa Timur

Wow Aris Paywai asli Sulawesi Selatan Jadi Plt Wali Kota Batu, Komitmen Pengembangan Pariwisata di Jawa Timur

NanjombangNews – Aris Paywai asli Sulawesi Selatan Jadi Plt Wali Kota Batu, Komitmen Pengembangan Pariwisata …