Amazing Beli LPG 3 Kg Tahun Depan Susah, Ini Syaratnya!

NanjombangNews – Beli LPG 3 Kg Tahun Depan Susah, Ini Syaratnya!

Jakarta, CNBC Indonesia – Diberitakan bahwa pemerintah akan segera mengubah mekanisme penyaluran 3 kilogram elpiji. Rencana kebijakan tersebut dituangkan dalam Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM PPKF) Tahun 2023.

LPG 3 kg akan disalurkan sebagai subsidi perorangan dan juga akan diintegrasikan dengan program bantuan sosial (bansos).

“Berbasis pendamping dan sinergis dengan program bansos lainnya. Penyaluran subsidi LPG 3kg dilakukan dengan memperhatikan kondisi ekonomi, serta kesiapan data dan infrastruktur,” dikutip dari Macroeconomic Framework and Principles for Dokumen Kebijakan Fiskal (KEM PPKF) 2023 Minggu (17/12/2022).

Mengacu pada Perpres No. 104 Tahun 2007, subsidi LPG 3 kg diberikan kepada rumah tangga dan usaha kecil. Namun, peraturan tersebut tidak mengatur pembatasan terhadap kelompok keluarga miskin dan rentan.

Lantas mengapa mekanismenya berubah tahun depan?

Pemerintah menilai peningkatan konsumsi LPG telah menambah beban keuangan negara. Jadi langkah ini diambil.

“Dengan mempertimbangkan tren peningkatan volume konsumsi elpiji bersubsidi dan beban keuangan yang semakin besar, pemerintah berupaya memperbaiki mekanisme distribusi tabung elpiji 3 kg bersubsidi melalui pergeseran yang bertujuan mengubah model subsidi komoditas (price differential). , ”bunyinya kutipan.

Sedangkan realisasi subsidi energi pada triwulan I tahun 2022 meliputi subsidi BBM sebesar Rp3,25 triliun atau 28,75% dari APBN tahun 2022, dan subsidi. elpiji 3 kg Rp21,65 triliun 32,68% dari APBN 2022 dan subsidi listrik sebesar Rp7,62 triliun 13,50% dari APBN 2022.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Sekretaris Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menjelaskan, uji coba ini masih dalam tahap pencocokan data antara data Jupiter dan P3KE. Padahal, pendataan sudah berlangsung lama namun masih manual.

Erto mengatakan, dalam uji coba ini pembeli hanya perlu menunjukkan KTP untuk mendapatkan elpiji 3kg. Jika data tidak ada, data akan diperbarui. Dia menegaskan, sejauh ini tidak ada larangan.

“Pembeli tinggal tunjukkan KTP-nya, kita lihat, kita masukkan datanya, kalau dia masuk sesuai data P3KE dia beli (LPG 3kg), silakan saja tidak masalah. perbarui, jadi Tidak ada batasan, katanya, “Tidak untuk saat ini.”

Saat ini percobaan telah dilakukan di 5 wilayah di beberapa kota. Lima wilayah tersebut meliputi sub-wilayah Tangerang, Semarang, Batam, dan Mataram dimana uji coba pembelian ini berlangsung di pangkalan resmi Pertamina. Dari pengalaman diketahui bahwa kebanyakan masyarakat rata-rata membeli 1 sampai 4 tabung elpiji 3kg per bulan.

“Sekarang kita uji 5 sub daerah. Kita akan ke daerah lain dulu. Nanti akan kita evaluasi, jangan langsung pergi, orang bingung,” ujarnya.

[Gambas:Video CNBC]

(RCI/DBD)


Check Also

Wow Aris Paywai asli Sulawesi Selatan Jadi Plt Wali Kota Batu, Komitmen Pengembangan Pariwisata di Jawa Timur

Wow Aris Paywai asli Sulawesi Selatan Jadi Plt Wali Kota Batu, Komitmen Pengembangan Pariwisata di Jawa Timur

NanjombangNews – Aris Paywai asli Sulawesi Selatan Jadi Plt Wali Kota Batu, Komitmen Pengembangan Pariwisata …