Mantap Potensi EBT di Indonesia dinilai mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi di tahun mendatang

NanjombangNews – Potensi EBT di Indonesia dinilai mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi di tahun mendatang

Jakarta, Nan Jombang News – Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo memperkirakan konsumsi listrik tahun depan bisa mencapai 283,12 TWh atau naik 4,74 persen. Hal ini didukung oleh pemulihan ekonomi tahun ini dan kepercayaan masyarakat terhadap ekonomi tahun depan.

“Permintaan listrik turun bahkan sampai pada tingkat yang kurang akibat dampak pandemi. Berkat berbagai upaya, permintaan listrik kembali meningkat, dan diharapkan peningkatan terus berlanjut sejalan dengan pertumbuhan ekonomi di tahun-tahun mendatang. tahun,” kata Dharmawan. Dalam siaran persnya, Kamis (22/12/2022).

Darmawan mengatakan, isu transisi energi merupakan harapan baru bagi perekonomian tahun depan. Karena di tengah perlombaan global untuk mengurangi emisi dengan beralih ke energi ramah lingkungan dan memanfaatkan potensi lokal untuk menjadi tempat usaha baru tahun depan.

“PLN memandang isu transisi energi ini bukan hanya sebagai tantangan, melainkan peluang untuk menjadikan Indonesia lebih baik dan tumbuh di masa depan,” kata Darmawan.

Tantangan pengembangan energi baru terbarukan (EBT) di Indonesia merupakan investasi yang signifikan, kata Dharmawan. Untuk itu, PLN melakukan percepatan pembangunan ekosistem pendukung transisi energi dan mengedepankan aspek inovasi dan efisiensi guna mencapai daya saing.

Baca Juga: Bangka Belitung Dipercaya Jadi Cikal bakal EBT dari Thorium

Sementara itu, Wakil Menteri Keuangan Sahassil Nazzara menilai isu transisi energi bukan sekadar tantangan, tapi juga bisa menjadi peluang bagi pertumbuhan ekonomi. Swahasil menilai, isu transisi energi dan tugas pengurangan emisi karbon diharapkan menjadi agenda bersama global pada 2023.

“Pemerintah melihat potensi tersebut dan bersama PLN telah mengidentifikasi potensi pengembangan (EBT). PLN berperan penting untuk menjadi leader di sektor transmisi energi,” ujar Swahasil.

Kunci menghadapi tantangan ekonomi tahun depan, kata Swahasil, adalah memaksimalkan potensi lokal. Selain itu, aspek terpenting dalam menghadapi ketidakpastian global adalah kerja sama dan sinergi.

“Kami menyikapinya dengan pelajaran yang luar biasa, yaitu perlunya sinergi dari semua pihak. Keuangan tidak hanya bekerja dengan uang tunai, kami bekerja sama dengan penegak hukum dan pemerintah daerah dalam segala aspek,” ujar Swahasil.

Baca juga: Soal Transmisi EBT, Eric Thuhir: Kita Beda dengan Amerika, Eropa, dan China


Dapatkan pembaruan Berita terpilih Dan Berita terkini Setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Check Also

Wow Aris Paywai asli Sulawesi Selatan Jadi Plt Wali Kota Batu, Komitmen Pengembangan Pariwisata di Jawa Timur

Wow Aris Paywai asli Sulawesi Selatan Jadi Plt Wali Kota Batu, Komitmen Pengembangan Pariwisata di Jawa Timur

NanjombangNews – Aris Paywai asli Sulawesi Selatan Jadi Plt Wali Kota Batu, Komitmen Pengembangan Pariwisata …