Kesadaran masyarakat akan identitas sosial sebuah bangsa perlu ditingkatkan untuk menggali potensi setiap individu masyarakat demi kehidupan yang lebih baik dimasa mendatang. Dengan kenyataan yang demikian Festival Nan Jombang tgl 3 berusaha konsisten menggali potensi-potensi tradisi yang tersembunyi di Minangkabau. Memasuki penghujung tahun pada bulan ke-10 di Oktober ini Festival Nan Jombang tgl 3 menggiring grup Randai Tuah Sakato yang berasal dari daerah Sijunjuang.

Grup Randai yang akan tampil di Festival Nan Jombang tgl 3 kali ini telah berdiri sejak sekitar tahun 1990-an. Grup Randai Tuah Sakato merupakan grup pimpinan dari bapak Tasril. Sejak tahun 1990-an hingga sekarang grup Randai Tuah Sakato baru melatih dan mempertunjukkan dua naskah saja. Sejak tahun 2000 naskah yang dilatih dan mulai ditampilkan yakni naskah dengan cerita Siti Rohana.

Randai Tuah Sakato ini akan membawakan cerita dalam bentuk randai tentang perjalanan dan lika liku hidup dari Siti Rohana. Siti Rohana merupakan tunangan dari Sutan Rajo Ameh. Namun karna kecantikan Siti Rohana, pria lain yakni Sutan Karangan juga menaruh Hati terhadap Siti Rohana. Peristiwa tersebut akhirnya menyulut pertikaian antara Sutan Rajo Ameh dan Sutan Karangan. Perselisihan tersebut berbuah pertarungan yang akhirnya dimenangkan oleh Sutan Rajo Ameh.

Cerita randai ini akan berlanjut setelah akhirnya Siti Rohana menikah dengan Sutan Rajo Ameh. Bagaimana terjadinya dilema kehidupan di dalam masyarakat dan kekuatan cinta seorang istri yang dipertahankan. Menariknya cerita Siti Rohana ini juga akan diselangi oleh kelihaian dan keahlian para pemain Randai Tuah Sakato dalam bersilat dan membunyikan gelembong. Tidak hanya pertunjukan kesenian randai, seperti bulan-bulan sebelumnya pertunjukan tari piriang juga akan disuguhkan dalam Festival Nan Jombang tgl 3 bulan Oktober mendatang. Pertunjukan tari piriang akan ditampilkan pada saat pernikahan Sutan Rajo Ameh dan Siti Rohana.

Festival Nan Jombang tgl 3 merupakan program tahunan Nan Jombang Grup. Tahun 2018 kegiatan ini Festival Nan Jombang tgl 3 didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation. Untuk dapat menyaksikan dan menikmati keseruan kisah Siti Rohana datang dan saksikan di Ladang Tari Nan Jombang, Belakang Komplek Perumahan Polda Balai Baru tanggal 3 September 2018 pukul 20.00 WIB.

EventFestival Nan Jombang Tgl3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *