Malin Duano

Festival Nan Jombang Tanggal 3 (FNJT3) memasuki bulan-bulan terakhir pada tahun ke 6 ini. Grup-grup randai dari setiap Kabupaten/Kota di Sumatera Barat pada umumnya telah ditampilkan disini. Kemeriahan festival ini tak lepas dari kehadiran Bakti Budaya Djarum Foundation sebagai pendukung dari keberlansungan festival ini. Antusiasme penonton memberikan tambahan semangat bagi Nan Jombang beserta Komunitas Galombang Minangkabau untuk selalu memberikan tempat bagi pekerja seni tradisi dan juga para pencintanya.

Sebelum memasuki akhir tahun, FNJT3 akan kembali hadir dengan pertunjukan randai dari Kota Padang. Sanggar Gunuang Nago Saiyo akan mempertunjukan kebolehannya dalam menampilkan randai. Sanggar yang berdiri 4 tahun silam ini dan mendapatkan juara kedua dalam Festival Siti Nurbaya 2017 tentu tidak diragukan lagi kualitasnya. Eksistensi mereka dalam kesenian tradisi serta menghadirkan generasi seniman tradisi juga patut diapresiasi. Seperti yang dijelaskan Samauza selaku pimpinan sanggar, “walupun sanggar kita tergolong muda di Sumatera Barat, namun kita tetap terus berproses dan bertekat menumbuhkan generasi penerus kesenian tradisi”, jelasnya.

Di kesempatan ini, sanggar gunuang nago saiyo akan menhadirkan randai dengan judul cerita Malin Duano. Secara ringkas Riko Islami selaku pelatih menjelaskan cerita tentang Malin Duano. “Malin Duano merupakan cerita pencarian seorang anak yang bernama malin duano yang mencari ayah kandungnya. Pencarian ini tak lepas dari cacian oleh teman sejawatnya bahwa malin duano tidak punya ayah. Ibunya puti bungsu yang dahulu merupakan seorang bidadari menceritakan asal usul dirinya dan siapa ayah kandungnya. Mendengar paparan sang ibu, malin duano pun pergi merantau mencari ayah kandungnya”, jelas Riko.

Bila ingin tahu bagaimana perjalanan malin duano dalam pencarian itu, apakah malin duano akan menemukan ayah kandungnya, serta bagaimana juga kisah ibunya yang menjadi manusia seutuhnya.  Saksikan carita lengkapnya di kemeriahan FNJT3 pada 3 november 2018. Untuk melengkapi suguhan yang akan diberikan, Sanggar Gunuang Nago Saiyo tidak hanya akan mengibur penonton dengan randai, tapi mereka juga akan menampilkan Tari Piriang dan Tari Kain. Seperti sebelumnya FNJT3 akan dihelat di Ladang Tari Nan Jombang yang berlokasi di belakang perumahan Polda, Balai Baru, Padang dan akan dimulai dari pkul 20.00 WIB.

EventFestival Nan Jombang Tgl3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *